Menurut Philip Kotler (2007)
Kepuasan
pelanggan/konsumen adalah perasaan seseorang yang kecewa atau senang yang
timbul setelah membandingkan hasil atau kinerja produk yang dipikirkan terhadap
kinerja yang diharapkan.
Kepuasan pelanggan adalah perasaan puas yang timbul ketika pelayanan yang diberikan dapat memenuhi bahkan melampaui harapan pelanggan setelah menggunakan suatu produk atau jasa.
Ketidakpuasan pelanggan adalah perasaan kecewa dari hasil produk/jasa yang diperoleh tetapi tidak memenuhi ekspetasi pelanggan.
Harapan pelanggan dapat terbentuk melalui pengalaman pertama pelanggan itu semdiri, komentar orang lain, serta janji dan informasi perusahaan atau iklan.
Manfaat Kepuasan Pelanggan
·
Meningkatkan
loyalitas
·
Mendorong
Word
of Mouth Communication (WOM)
· Menjadi pilihan pertama
Faktor
yang mempengaruhi pelanggan menyampaikan ketidakpuasannya atau tidak yaitu :
·
Adanya
tingkat ketidakpuasan
·
Adanya
pengalaman atau pengetahuan
· Tingkat mendapatkan ganti rugi
Adapun cara untuk mengukur kepuasan pelanggan :
·
Melakukan
survei kepuasan pelanggan dengan berbagai metode
·
Membagikan
kuesioner kepuasan pelanggan dengan pertanyaan singkat yang
bisa diisi dengan cepat oleh konsumen
· Menyediakan tempat untuk menampung saran dan keluhan bagi pelanggan
LOYALITAS PELANGGAN
Loyal
mempunyai arti secara harfiah berarti setia, loyalitas dapat diartikan sebagai
suatu kesetiaan. Loyalitas pelanggan
adalah
hubungan positif yang berkelanjutan antara pelanggan dan perusahaan yang menawarkan produk/jasa. Pelanggan
merupakan aset paling berharga bagi bisnis atau perusahaan. Tanpa pelanggan,
perusahaan akan sulit berkembang bahkan bertahan.
Tips membangun loyalitas pelanggan :
·
memberikan layanan pelanggan yang baik
pelayanan pelanggan yang ramah dan responsive
·
Memberikan
reward untuk pelanggan setia
·
Memberikan atensi atau perhatian kepada
pelanggan setelah membeli produk seperti memberikan program retensi pemasaran
Loyalty program
·
Reward
·
Points based loyalty / member point
·
Kedekatan personal
·
Program digital
Komentar
Posting Komentar