Yang namanya pelayanan itu tidak hanya dilakukan
oleh staff, Cs, teller tetapi dilakukan juga oleh supervisor, manajer dan BofD (board
of directors) tetapi
mungkin bentuk pelayanannya saja yang beda. Seperti suatu perusahaan bekerja
sama dengan perusahaan lain maka atasan atau direktur suatu perussahaan
tersebut harus melakukan pelayanan dengan baik kepada kliennya.
Bagaimana sih pelayanan yang baik itu?
·
Ramah
dan adanya sopan santun
·
Pelayanan
yang dapat memenuhi ekspetasi atau kebutuhan dari pelanggan
· Memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap
konsumen
Optimal service adalah pelayanan yang optimal, keempat ini menjadi satu keasatuan yang tidak bisa dipisahkan.
Personal excellence
Kepribadian diri yang menekankan pada
keterampilan, sikap, penampilan, perhatian, tanggung jawab, serta tindakan untuk meningkatkan
kualitas diri sendiri. Adapun faktor-faktor yang menentukan kualitas
dari personal excellence :
· Komunikasi
Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita
antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Komunikasi dapat
dipengaruhi oleh :
1) Energi, Melibatkan
responsibilitas terhadap konsumen.
Ketika melayani konsumen kita harus memberikan energi yang positif
2) Kecepatan, Keseimbangan
kecepatan pada saat berbicara.
Kecepatan berbicara adalah salah satu kunci saat berkomunikasi.
3) Nada, Penekanan
intonasi pada suatu kata/kalimat tertentu. Dapat
menciptakan keharmonisan dan pemahaman dalam komunikasi
4) Volume, Tingkatan
suara yang dikeluarkan harus sesuai dengan kondisi.
5) Artikulasi, Kejelasan bentuk bibir
ketika berbicara. Artikulasi sangat penting dalam komunikasi, terutama
dalam berbicara dan menyampaikan pesan dengan jelas.
· Bahasa tubuh
Adalah komunikasi nonverbal yang menggunakan
gerakan tubuh, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan untuk menyampaikan
pesan atau informasi.
1)
Postur
dan gestur, postur yang baik
menunjukan bahwa anda siap untuk melakukan pelayanan. gestur
yang tepat dapat menunjukan bahwa anda menyimak dan memberikan perhatian pada
konsumen
2) Kontak
mata, menandakan bahwa anda fokus terhadap lawan bicara
anda.
3) Ekspresi dan senyum, ekspresi menandakan anda
antusias saat melayani konsumen. Senyum menunjukan ketulusan anda dalam
memberikan pelayanan.
· Transparan
Keterbukaan dalam menyampaikan informasi.
1) Jujur, memberikan
informasi yang sesuai baik dari segi
pelayanan, produk atau company.
2) Akurat, ketepatan
dalam memberikan pelayanan.
3) Janji, menepati janji kepada
konsumen.
· Tindakan
Aksi yang dilakukan oleh seseorang untuk menjaga pelayanan.
1) Menjaga komunikasi dua arah, merupakan
proses penyampaian pesan, ide, gagasan yang dilakukan oleh kedua belah pihak
secara bergantian (adanya feedback yang diberikan oleh komunikan kepada
komunikator).
2) Tepat waktu dan responsif.
3) Menginformasikan
perubahan.
Creating Customer Experience
Membuat pengalaman pada konsumen.
1. Consistency of Service Delivery adalah layanan
yang sama, dengan cara yang sama serta menggunakan pola / skrip.
2. Consistency of Service Experience adalah Sesuai
dengan kebutuhan konsumen, Pada waktu yang tepat.
3. Extraordinary adalah memberikan pelayanan
yang melebihi harapan konsumen.
Digitalization
Proses konversi media dari bentuk analog menjadi
digital secara keseluruhan. Adapun manfaatnya yaitu :
·
Mengurangi
biaya operasional
· Mampu menjangkau konsumen
· Meningkatkan kualitas kerja
· Mampu menjangkau konsumen
· Meningkatkan kualitas kerja
1) Product,
dalam konteks pelayanan mencakup barang atau layanan yang ditawarkan kepada
pelanggan. Contohnya pembelian dengan menggunakan e-commerce
2) Service,
layanan mencakup cara penyedia layanan berinteraksi dan memberikan nilai tambah
kepada pelanggan. Contohnya robot yang memberikan pelayanan dalam salah satu
restaurant
3) Policy,
kebijakan mencakup aturan, norma, dan pedoman yang mengatur penyediaan layanan.
Contohnya absensi perusahaan yang menggunakan taping kartu atau sidik jari
4) People,
melibatkan peran dan interaksi orang-orang, termasuk karyawan dan pelanggan,
dalam penyediaan dan penerimaan layanan. Keterlibatan dan keterampilan
karyawan, serta pengalaman pelanggan, dapat memberikan dampak signifikan
terhadap keberhasilan pelayanan.
5) Innovation, mencakup
penggunaan ide kreatif dan teknologi baru untuk meningkatkan atau mengubah cara
penyediaan layanan. Inovasi dapat meningkatkan efisiensi, meningkatkan
kualitas, dan memberikan nilai tambah yang dapat membedakan penyedia layanan
dari pesaingnya.
Complain
Adalah satu pernyataan atau ungkapan rasa kurang puas terhadap
satu produk atau layanan, baik secara lisan maupun tertulis.
• Terjadi karena ada unsur ketidakpuasan pelanggan
• Mengapa bisa terjadi
? Karena adanya kerugian pada konsumen baik dari segi materil ataupun
nonmateril
Manfaat complain adalah sebagai bahan evaluasi
untuk sebuah perusahaan.
Ada 3 faktor dalam melakukan pelayanan terhadap
konsumen yang complain:
Do Memahami,
Menghargai, Minta Maaf, Konfirmasi.
Don’t Menganggap
materi pembicaraan tidak menarik, menginterupsi, mendengarkan hanya sebagian,
terlalu cepat menyimpulkan, melakukan hal – hal yang mengganggu.
Finishing Sampaikan alternatif
solusi, berikan laporan secara berkala, informasikan waktu penyelesaian,
sampaikan cara pencegahan, tawarkan kembali bantuan.
Kesan : Menjadi salah satu panitia acara seminar ini
sangat berharga bagi saya dan pengalaman yang luar biasa, dimana bisa saling
mengenal satu sama lain dari kelas C6 – C9. Hingga kita harus mengorbankan
waktu dan tenaga kurang lebih selama sebulan untuk menjadikan acara seminar ini
sukses semuanya terbayar dengan acara yang diadakan lancar dan memuaskan. Kerja
sama tim di kelompok 1 ini sangat erat dan bisa saling diandalkan meskipun kita
baru kenal. Selama acara berlangsung saya juga bisa mendapatkan ilmu baru yang
disampaikan oleh narasumber.
Komentar
Posting Komentar