I Keluhan Pelanggan
Keluhan pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis. Setiap perusahaan pasti pernah menghadapi keluhan dari pelanggannya, baik itu terkait produk, layanan, maupun pengalaman yang kurang memuaskan. Sehingga keluhan pelanggan dapat menjadi tanda bahwa ada kebutuhan atau harapan yang belum terpenuhi.
SIAPA
YANG KOMPLAIN?
1.
Konsumen / Pelanggan
Komplain
Konsumen/Pelanggan berkaitan
dengan produk/jasa atau layanan yang tidak sesuai dengan harapannya sehingga
muncul ketidakpuasan.
2.
Karyawan / Staf
Komplain
Karyawan/Staf berkaitan
dengan kebijakan manajemen (gaji, bonus, fasilitas, jadwal lembur, rotasi kerja
dll)
3.
Pimpinan
Komplain
Pimpinan berkaitan
dengan kinerja karyawan/staf, berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan yang tidak
seusai rencana
4.
Dinas
/ Instansi Lain
Komplain
Dinas/Instansi Lain berkaitan
dengan kerjasama/aturan/kebijakan
5.
Media
Massa
Komplain Media Massa Kesulitan akses data/informasi, kesulitan konfirmasi, berkaitan dengan kebijakan/aturan
Cara Penyampaian Keluhan
1.
Voice Response (Langsung)
Penyampaian
keluhan secara langsung, menyampaikan pada petugas, staf yang ditemu
2.
Private Response (Tidak Langsung)
Penyampaian
keluhan tidak secara langsung, melalui pihak ketiga (media massa, surat
pembaca, LSM, dll)
3.
Third Party Response (Jalur Hukum)
Keluhan
melalui jalur hukum, class action, tuntutan ganti rugi, dll.
Bagaimana jika komplain tidak ditanggapi :
·
Konsumen
akan merasa sangat kesal, kecewa
·
Hilangnya
kepercayaan pada perusahaan atau toko tersebut
·
Adanya
ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh perusahaan atau toko
tersebut
·
Akan
merasa kapok dan tidak akan balik lagi untuk membeli produk di perusahaan atau
toko tersebut
Bagaimana jika komplain ditanggapi :
·
Pelanggan
merasa senang karenga perusahaan atau toko itu bertanggung jawab
·
Akan
memberikan nilai positif pada perusahaan atau toko tersebut
·
Meningkatkan
kepercayaan pelanggan
·
Bisa
mempertahankan pelanggan lama dan mendatangkan pelanggan baru
Bagaimana mengatasi keluhan pelanggan yang baik?
·
Mendengarkan
pelanggan dengan baik
·
Segera
meminta maaf dan berempati
·
Memberikan
solusi tepat dan cepat
·
Sebagai
bahan evaluasi
·
Berterima
kasih
·
Mengobati
kekecewaan pelanggan dengan memberikan voucher, diskon, atau potongan harga
·
Melakukan
follow up
·
Meyakinkan akan memperbaiki kesalahan
Adapun aspek penting untuk menangani keluhan pelanggan :
·
Empati
terhadap pelanggan yang marah, agar keluhan pelanggan tersalurkan
·
Kecepatan
dalam penanganan keluhan, agar pelanggan tidak semakin marah karena menunggu
respon yang lama
·
Tetap
tenang dan sabar menghadapi pelanggan yang marah
Menjanjikan sesuatu pastikan memenuhinya
II Kepuasan Pelanggan
Agar dapat menghindari keluhan pelanggan, maka perusahaan/pemerintah harus memberikan kepuasan kepada pelanggan/masyarakat. Untuk itu perusahaan / organisasi perlu memenuhi dulu harapan para pelanggan internalnya baru kemudian pelanggan internal memenuhi harapan para pelanggan eksternal
Komentar
Posting Komentar