Perubahan Paradigma Pelayanan
Konsep Dasar
Total Quality Management
Untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, sebuah perusahaan memerlukan sebuah sistem manajemen kualitas yang memiliki fokus kepada pelanggan. Sistem manajemen ini nantinya akan melibatkan seluruh karyawan perusahaan dalam pelaksanaanya. Sistem manajemen kualitas ini disebut dengan Total Quality Management (TQM)
TQM adalah paradigma baru dalam manajemen yang berusaha memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan secara berkesinambungan atas mutu barang, jasa, manusia, dan lingkungan organisasi
Hal-hal yang diperhatikan dalam TQM
· Berfokus
pada pelanggan
Pelanggan
dapat menentukan tinggi rendahnya kualitas produk. Pelanggan memiliki hak untuk
menilai produk dan masukan dari pelanggan menjadi kebutuhan perusahaan untuk
meningkatkan kualitas produk
· Obsesi
terhadap mutu
Pelanggan
menentukan kualitas. Dengan kualitas yang ditetapkan tersebut, organisasi harus
memenuhi apa yang ditentukan mereka
· Pendekatan
ilmiah
Data diperlukan dan dipergunakan dalam menyusun benchmark,
memantau prestasi, dan melaksanakan perbaikan. Dengan data yang lengkap dan dimanfaatkan
dengan baik, maka perusahaan dapat mengambil tindakan tepat yang menguntungkan.
· Komitmen
jangka panjang
Komitmen jangka panjang sangat penting guna mengadakan
perubahan budaya agar penerapan TQM dapat berjalan dengan sukses.
· Kerjasama
tim
Dengan adanya
kerjasama tim akan memperkuat komunikasi, serta memungkinkan pertukaran
informasi yang lebih efektif sesama karyawan dan mempermudah pekerjaan
· Perbaikan
sistem berkesinambungan
Sistem
yang ada perlu diperbaiki secara terus-menerus agar kualitas yang dihasilkannya
dapat makin meningkat.
· Pendidikan
dan pelatihan
Karena sekarang kita sudah memsuki era modern dan semuanya sudah semakin canggih maka setiap orang diharapkan dan didorong untuk terus belajar. Dengan belajar, setiap orang dalam perusahaan dapat meningkatkan keterampilan teknis dan keahlian profesionalnya
Standar dan Mutu Pelayanan Prima
Kunci pelayanan prima = Kepuasan pelanggan
·
Jika kinerja dibawah harapan, pelanggan
akan kecewa (tidak puas)
·
Jika kinerja sesuai harapan, pelanggan
akan puas
· Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan akan sangat puas
Tingkat harapan pelanggan
1. Level
bawah yaitu harapan pelanggan sederhana, pelanggan yg tidak menuntut apa apa
seperti apa yg dibutuhkan maka pelanggan akan mengambil atau membeli
2. Level
sedang yaitu kepuasan pelanggan dicerminkan dalam spesifikasi
tertentu seperti toko yang
dituju harus bersih, dingin dan barang yang dibutuhkan harus gampang untuk
dicapai
3. Level
tinggi yaitu adanya tuntutan suatu kesenangan yang membuat
pelanggan tertarik seperti adanya
diskon, potongan harga, beli satu gratis satu
Konsep dasar kepuasan pelanggan
Organisasi/Perusahaan/Pemerintahan
⇩
Kepuasan Pelanggan Internal
Kebutuhan pelanggan internal dipenuhi dorongan dengan budaya organisasi pelayanan prima yaitu nilai-nilai, norma, dan kebijakan yang mendukung prioritas pelayanan prima. dimana anggota organisasi dapat berbagi pengetahuan bersama tentang harapan untuk mempentingkan kebutuhan orang lain dibandingkan dengan dirinya sendiri dan menyediakan bantuan serta dukungan untuk orang lain.
⇩
Kepuasan Pelanggan Eksternal
Dimensi mutu pelayanan
prima
·
Ketepatan Waktu
·
Akurasi Pelayanan
·
Kesopanan dan Keramahan
·
Tanggung Jawab
·
Kelengkapan
·
Kemudahan Mendapatkan Pelayanan
·
Variasi Model Pelayanan
·
Pelayanan Pribadi
·
Kenyamanan
·
Atribut Pendukung Lainnya
Komentar
Posting Komentar